Ide cerdas dan penuh gaya menata ruang cuci pakaian

Di mana anda biasanya menempatkan mesin cuci di dalam rumah? Ada beberapa tempat dimana orang biasanya menempatkan mesin cuici seperti misalnya di dekat kamar mandi, dapur atau dekat tempat menjemur pakaian. Lalu bagaimana sebenarnya posisi perletakan mesin cuci yang disarankan? 


Sebelum mengatur posisi peletakannya kita terlebih dahulu harus mengetahui pola aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan mencuci. Kegiatan mencuci pakaian bisa berhubungan dengan aktivitas mandi, menyetrika baju, menata pakaian, memperbaiki/menjahit baju yang rusak, mencuci mobil, dan membersihkan rumah. Sebenarnya tidak ada salahnya jika menempatkan mesin cuci bergabung dengan ruangan yang lain seperti dapur, kamar mandi, ataupun garasi mobil. Namun jika cermati lebih lanjut, aktivitas mencuci sesungguhnya membutuhkan ruangan tersendiri. Apalagi jika cucian sehari-hari kita sangat banyak.


Ruangan khusus mencuci sebenarnya tidak harus memakan banyak tempat. Area di bawah tangga seluas 2 x 3 m juga bisa dirasakan cukup. Ruang mencuci bisa ditata sedemikian rupa sehingga lebih rapih dan menarik. Anda bisa menempatkan kabinet untuk meletakkan perkakas meja setrika, deterjen, pelembut pakaian, hanger, dan pakaian supaya tidak berserakan. Agar tidak terlalu mencolok, pilihlah warna kabinet yang senada dengan warna mesin cuci. Jika anda memiliki hewan peliharaan, maka anda bisa memaksimalkan fungsi ruang mencuci ini dengan menambahkan semacam tub atau wastafel untuk memandikan mereka.


Kamar mandi merupakan tempat yang paling sering digunakan untuk menempatkan mesin cuci. Aktivitas mandi memang berkaitan erat dengan kegiatan mencuci pakaian. Kita merasa lebih praktis dan efisien jika pakaian kotor selepas mandi langsung ditaruh di dekat mesin cuci. Agar penampakannya lebih rapi, mesin cuci bisa saja dimasukan ke dalam kabinet. Satu set kabinet bisa sebagai wastafel, ruang untuk menempatkan mesin cuci, pakaian bersih, meja setrika, deterjen, pelembut pakaian, hanger dll. Penampakannya akan menjadi lebih rapi dan menyerupai lemari pakaian pada umumnya. Karena ruang mencuci ini dekat dengan kamar mandi maka ruangan ini bisa juga dipakai sebagai walk in closet yang menghubungkannya dengan kamar tidur utama. 


Pekerjaan mencuci baju dan menyetrika pakaian merupakan pekerjaan sehari-hari yang relatif membossankan. Anda bisa menciptakan suasana ruang mencuci anda menjadi lebih menyenangkan dengan menambahkan televisi misalnya. Saat mencuci dan menyetrika kini jadi lebih mengasyikan karena anda juga dihibur dengan acara-acara favorit di tv. 


Ruang mencuci merupakan area kerja yang lembab oleh karena itu menjadi penting untuk memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara di ruangan tersebut. Sebaiknya ruangan untuk mencuci bisa mendapatkan akses langsung ke arah luar ruangan. Bisa berupa patio kecil, taman indoor, atau memberi bukaan ke arah halaman samping atau belakang rumah. 


Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci bisa dilakukan sambil anda melakukan aktivitas lainnya seperti mengasuh anak, menjahit, mengerjakan tugas atau sekedar santai bersama teman. Oleh karena itu anda bisa secara kreatif menata ruang mencuci anda agar kegiatan rutin ini menjadi lebih menyenangkan.  

Komentar

  1. asyikk banget kalo ditata ruangannya seperti itu, nampak lega dan indah ya?
    terimakasih ide dan tipsnya kak

    BalasHapus
  2. pengen rasanya punya rumah sendiri...

    BalasHapus
  3. Pasang iklan rumah anda disini aja gan Rumahdijual.com pasti cepet lakunya hehe

    BalasHapus
  4. Artikelnya sangat menarik pak. Terimakasih Jasa Arsitek
    .

    BalasHapus
  5. Mantap postingannya, salam kenal dari saya. Sukses selalu..

    Asriman.Com

    BalasHapus
  6. rumahnya bagus bagus. saya punya model terbaru untuk interior interior ruangan minimalis. di rumah minimalis



    visit me please http://technokers.com/rumahminimalis/

    BalasHapus
  7. rumahnya bagus bagus. saya punya model terbaru untuk interior interior ruangan minimalis. di rumah minimalis



    visit me please http://technokers.com/rumahminimalis/

    BalasHapus
  8. This information is very helpful thank me :D :D

    visit back my website ^_^
    biro jasa stnk
    biro jasa sim
    biro jasa bpkb
    biro jasa perizinan

    BalasHapus

  9. kita dari perusahaan properti ingin mengajak teman2 blogger untuk melakukan paid review

    untuk teman2 yang berminat melakukan paid review dan memiliki niche sbb:

    rumah
    desain rumah
    berita
    properti
    arsitek
    dekorasi
    atau yang berhubungan dengan niche diatas.

    kita akan menawarkan mulai dari rp. 250rbu-500rbu / blog

    post tergantung kualitas blognya dengan jumlah kata min.

    400 kata.
    dan mencantumkan minimal 2 link ke situs yang kita

    minta.

    blog harus memiliki min. pr 1 dan berumur min. 1 tahun.

    yang berminat silahkan PM ke inbox
    soffian rahmat ( www.facebook.com/soffianrahmat1 )
    atau kirim email developerrumahku@gmail.com

    BalasHapus
  10. I love your website, I would appreciate it for a good read this !!!

    BalasHapus

Posting Komentar