10 tips penataan jendela untuk memperindah ruangan

Jendela merupakan salah satu elemen pembentuk wajah/muka sebuah bangunan. Kehadiran jendela dapat mempengaruhi persepsi orang akan tampilan luar pada rumah anda. 

Bahkan disetiap ruangan dalam rumah anda bisa memiliki nilai tambah hanya dengan menghadirkan jendela-jendela yang cantik di dalamnya. Melalui sebuah jendela akan terciptalah pemandangan yang indah dari luar rumah anda. 

Berikut ini adalah beberapa tips penataan jendela yang bisa anda lakukan untuk memperindah interior ruangan anda.

1. Sumber pencahayaan alami.
Sinar matahari merupakan sumber pencahayaan alami yang sebaiknya dapat dengan mudah disebarkan secara menyeluruh ke setiap ruangan. Tidak hanya berdampak sebagai sumber pencahayaan alami pada ruangan semata akan tetapi sinar matahari juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh dan pikiran manusia. Jadi jika memungkinkan usahakan agar di setiap ruangan memiliki jendela sebagai sumber pencahayaan alami.

2. Pemilihan jendela
Jika sebuah ruangan memiliki plafond yang tinggi maka pilihlah jendela dengan dimensi/ukuran yang tinggi atau bisa juga menempatkan jendela bertingkat seperti yang biasa digunakan pada atrium dan foyer bertingkat. Namun jika anda memiliki ruangan yang lebih kecil, anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari sinar matahari yakni dengan menempatkan jendela pada posisi yang lebih rendah/dekat dari lantai. 

3. Pemilihan view (pemandangan)
Jendela memiliki arti yang lebih ketimbang hanya sebagai bukaan pada dinding bangunan. Sebuah jendela akan menangkap pemandangan dari luar dan menyajikannya ke dalam (interior) rumah anda. Oleh sebab itu dalam tahapan perencanaan awal sebuah rumah, anda dan arsitek bisa memilih dan menentukan sudut pandang manakah yang memiliki view terbaik. Sudut pandang terbaik itulah yang seharusnya bisa diolah lebih lanjut dalam perancangan denah rumah. Jendela akan ditempatkan pada posisi yang mampu menghadirkan view yang terbaik di lingkungan tersebut.

4. Penggunaan skylights
Pemasangan skylights pada atap rumah merupakan sebuah cara yang menarik untuk menghadirkan pencahayaan alami ke dalam ruangan. Skylights terbuat dari material tembus pandang yang mampu meneruskan cahaya dari luar seperti kaca, mika, dan fiber. Beberapa variasi jenis skylight ada yang bisa dibuka dan ditutup menyerupai fungsi jendela untuk sirkulasi udara. Dengan kata lain pemasangan skylight juga merupakan sebuah solusi jika pengadaan jendela pada suatu ruang terkendala oleh keterbatasan tempat (ruang). 
5. Pengaturan tingkat privasi
Kamar mandi merupakan tempat yang memiliki tingkat privasi tertinggi. Namun demikian kamar mandi memerlukan pencahayaan yang cukup untuk mengurangi tingkat kelembabannya. Penggunaan glass block umum digunakan sebagai ventilasi di kamar mandi. Glass block mampu mengaburkan pandangan namun tetap dapat meneruskan pencahayaan dari luar. (freshome)

Komentar

Posting Komentar