Kamis, 29 Agustus 2013

Tips membersihkan lumut di kolam renang

Lumut merupakan jenis tanaman air yang dapat tumbuh dengan cepat pada iklim yang hangat. Ada beberapa alasan mengapa lumut atau ganggang bisa tumbuh dan berkembang di kolam renang kita. Lumut terbawa masuk ke kolam renang bisa disebabkan oleh angin, hujan, kontaminasi dari pakaian renang atau peralatan.


Lumut hijau adalah salah satu jenis lumut yang sering dijumpai di kolam renang. Lumut ini akan mengambang dan membuat air kolam menjadi keruh. Pada akhirnya lumut-lumut ini akan terkumpul di sisi-sisi dan dasar kolam. Lumut hitam adalah jenis lumut yang paling sulit dibersihkan. Lumut jenis ini biasanya tumbuh di dinding beton kolam. Cara menghilangkan lumut bisa dilakukan dengan cara menyikat. Hal ini perlu dilakukan secara teratur agar lumut tidak tumbuh kembali.

Salah satu cara untuk mencegah tumbuh berkembangnya lumut adalah dengan menjaga keseimbangan tingkat pH, chlorine, dan bromine di dalam kolam. Jika tingkat keseimbangannya rendah maka lumut akan mulai berkembang di kolam. Keseimbangan pH yang baik berkisar antara 7,2 sampai 7,8. Jika tingkat pH terlalu tinggi maka perlu ditambahkan obat penurun pH dan sebaliknya jika terlalu rendah maka bisa ditambahkan obat peningkat pH. Obat penurun dan peningkat pH tersedia di pasaran. Untuk mengetahui dan mengukur tingkat keseimbangan pH air dapat menggunakan kertas lakmus (kertas pH). Kertas lakmus cukup dimasukan ke dalam air, kemudian amatilah perubahan warnanya.
Sanitasi air yang baik juga mampu mencegah pertumbuhan lumut di dalam kolam. Dedaunan yang rontok dan jatuh ke kolam perlu disingkirkan dengan segera. Jangan lupa untuk membersihkan saringan air secara teratur agar sirkulasi air menjadi lancar sehingga meminimalisir pertumbuhan lumut. Jika kolam anda sudah pernah mengalami masalah lumut sebelumnya maka penambahan potassium tetraborate sebelum perkembangbiakan lumut menjadi masalah yang serius di kolam anda.

Saat kondisi setelah turun hujan atau setelah kolam renang digunakan banyak orang, maka bakteri penyebab lumut akan terkontaminasi di dalam kolam. Untuk membunuh bakteri dan menghambat tumbuh berkembangnya lumut, maka dianjurkan untuk menambahkan klorin dengan takaran 3 kali lipat lebih banyak dari biasanya.

 

1 komentar:

  1. ribet juga ya punya kolam renang sendiri di rumah kayanya, disikatnya mesti pake cairan pembersih khusus ngga ya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...